Penting! Pahami Bisnis Properti Pemula

Bisnis

Akhir-akhir ini bisnis properti mengalami trend positif dengan banyak pemain baru mulai masuk. Masyarakat mulai memahami apa itu investasi dan betapa menguntungkannya berbisnis dengan properti. Tentu saja fenomena ini menjadi sebuah peluang yang tidak bisa diacuhkan begitu saja. Bisnis properti pemula membutuhkan ilmu supaya tidak tersandung dijalan nantinya.

Jika Anda merupakan orang yang awam dengan properti bahkan bisnis secara umum, dan Anda mencoba peruntungan dengan terjun dalam bisnis properti, tentunya Anda harus memahami hal-hal yang dibutuhkan maupun hal-hal yang harus Anda lakukan dalam menjalani bisnis ini, supaya bisnis berjalan lancar. Semua yang bakal di ulas dalam artikel ini akan sangat penting untuk Anda ketahui dalam menjalankan bisnis properti nanti.

Namun sebelumnya, tahukah Anda apa itu bisnis properti? Pengertian secara umum dari bisnis properti adalah bisnis kepemilikan lahan atau jual beli tanah (landlord). Bisnis ini biasa juga disebut sebagai bisnis real estate (lahan yasan).

Seiring berkembangnya zaman, yang dijual dalam bisnis properti pun ikut berkembang, dulu mungkin orang akan mengira bahwa properti yang dijual hanyalah rumah (perumahan) dan tanah. Namun sekarang, apartemen, perkantoran, villa, atau ruko juga termasuk dalam bisnis properti.

Audiens yang dituju pun sekarang tidak melulu perorangan atau masyarakat, namun juga untuk kebutuhan industri, perkantoran, dan perdagangan. Selama masih ada pertambahan jumlah penduduk dan kebutuhan akan properti bagi dunia industri, bisnis ini akan terus berkembang.

Mengapa Bisnis Properti

Bisnis Properti pemula
Bisnis properti modern ini diminati oleh banyak kalangan terutama bagi pebisnis pemula. Sumber : Istockphoto.com

Perbedaan bisnis properti dengan bisnis lain adalah nilai barang yang dijual dalam bisnis properti, bisa rumah, tanah, dan sebagainya akan mengalami kenaikan harga (bisa juga turun tapi jarang) bahkan bisa berkali-kali lipat. Itulah investasi. Dan tentu saja investasi di dunia properti adalah halal. Maka kunci utama dalam bisnis properti adalah harga dan faktor.

Salah satu faktor yang sering dimainkan adalah lokasi. Lokasi bahkan menjadi kunci utama dalam faktor bisnis properti, sebab orang tidak akan mau beli properti Anda jika lokasinya sepi dan tidak strategis bagi dia.

Misal suatu perumahan kosongan yang dijual didaerah Jogjakarta, lokasinya dekat dengan toko furnitur sehingga konsumen merasa mudah dan terfasilitasi ketika hendak membeli barang-barang rumah seperti lemari, kasur, atau sofa jogja.

Selain itu, bisnis properti tahan akan inflasi. Ketika negara mengalami inflasi, nilai mata uang negara tersebut akan turun, mungkin bisnis lain seperti sandang atau pangan akan sangat merasakan dampaknya. Namun bisnis properti akan tetap berdiri. Permintaan tetap ada, harga jual tetap tinggi.

Tantangan Bisnis Properti Bagi Pemula

Bisnis properti memanglah bisnis yang sangat menjanjikan. Bahkan Anda bisa memulainya tanpa modal sepeser pun. Namun, benarkah bisnis ini begitu menggiurkan dan berjalan lancar saja tanpa ada rintangan di dalamnya? Mari ketahui tantangan-tantangan yang sering dijumpai dalam bisnis properti.

Pihak developer harus berhati-hati dalam proses pengembangan bisnis properti. Pengkajian pasar, prospek keuntungan, dan kompetitor harus dilakukan dengan cermat supaya pengambilan keputusan tidak hanya berdasarkan asumsi-asumsi saja. Model bisnis baru juga diperlukan guna menarik minat audiens. Perlu inovasi baru disetiap musimnya. Jika Anda menjual properti dengan cara itu-itu saja, bisa jadi justru Anda akan merugi.

Bisnis Properti Bagi Pemula
Strategy marketing menjadi kunci penting dalam menghadapi tantangan bisnis properti. Sumber : Istockphoto.com

Dilain sisi, Anda sebagai pemula dalam bisnis properti tidak bisa hanya berhitung akan keuntungan dan berkutat disana. Anda harus memperhitungkan bagaimana kiranya usaha Anda itu terus berlanjut. Sama dengan bisnis lainnya, strategi marketing dan inovasi menjadi kunci utama dalam langgengnya usaha.

Peluang dan hambatan akan selalu datang secara beriringan dalam bidang properti. Dimana ada peluang maka di situ pula akan ada tantangan yang harus dihadapi guna menjadikan bisnis ini semakin dikenal dan diminati oleh investor. Sebagaimana umum diketahui, investor di Indonesia memiliki pola pikir mengenai hunian dan properti modern jangka panjang, sehingga jika tipe propertinya sesuai dengan “selera” mereka, secara otomatis mereka pun akan mulai menginvestasikan modal mereka pada produk tersebut.

Jenis Usaha Dibidang Properti

Jenis usaha di dunia properti menawarkan banyak jenis dan posisi. Anda tidak harus melulu berfokus menjadi seorang bos. Anda bisa mencoba di langkah awal ini sebagai seorang pekerja sampingan untuk belajar bisnis dan membuka pengalaman. Berikut beberapa jenis usaha yang bisa Anda geluti dibidang properti :

1. Perantara

Hadirnya perantara adalah untuk memudahkan pembeli dan penjual bertemu. Profesi ini banyak dijalankan sebagai sampingan oleh masyarakat.

Perantara biasanya mendapat komisi baik dari penjual maupun pembeli. Banyak yang tanpa sadar terjun ke profesi ini dan terus menggelutinya. Pasalnya usaha ini bisa dimulai tanpa modal.

Perantara ini biasanya perorangan dan dijalankan secara mandiri tanpa bernaung di bawah bendera perusahaan. Orang awam juga menyebut perantara ini sebagai makelar. Besaran komisi untuk perantara ini 2,5 persen dari harga jual yang diberikan pemilik.

2. Broker/Property Agent

Property agent adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran unit-unit properti. Perusahaan ini akan merekrut sejumlah orang yang bertugas memasarkan objek properti.

Agen properti umumnya tidak memiliki hak milik atas objek properti yang dipasarkan. Mereka hanya bertugas memasarkan saja dan pekerjaan ini sangat menjanjikan karena besarnya komisi.

Contoh dari agen properti yang ada di Indonesia adalah Ray White, Century 21, dan juga ERA. Perusahaan ini mayoritas diisi para broker atau pemasar unit-unit properti baik itu apartemen, hunian, dan juga ruko.

Umumnya, mereka lebih dipercaya masyarakat karena bernaung di sebuah perusahaan yang terjamin legalitasnya.

3. Developer

Developer adalah perusahaan yang memiliki lahan kemudian membangun unit-unit properti di atasnya. Setelah unit-unit tadi terjual, barulah kepemilikan lahan beralih kepada pembeli.

Bisnis Properti Bagi Pemula
Sumber : Istockphoto.com

Seiring dengan terus bertambahnya jumlah penduduk, muncul developer-developer baru berskala kecil hingga menengah. Peluang usaha perusahaan developer sangat cerah asalkan tanah tempat berdirinya unit properti bukan tanah sengketa dan memiliki berbagai pilihan KPR.

Perusahaan developer baru di Indonesia terus tumbuh bahkan sampai ke kota-kota kecil di Indonesia. Proyek pembangunan hunian maupun perkantoran terus ada dan ini peluang yang baik. Anda juga bisa menjadi developer properti sukses dengan memanfaatkan media marketing online.

4. Kontraktor/Pemborong

Pemborong adalah bahasa yang umum digunakan oleh masyarakat guna menggambarkan profesi sebagai pembangun bangunan berskala besar.

Developer biasanya akan menggandeng kontraktor untuk membangun unit-unit properti. Beberapa menggunakan sistem tender sedangkan yang lain ada juga yang sistem penunjukan langsung.

Proyek-proyek besar seperti pembangunan real estate, gedung-gedung perkantoran, apartemen, shopping mall, dan hotel biasanya akan menggunakan kontraktor besar. Tapi, bagi developer baru, biasanya akan menggandeng kontraktor lokal.

Inilah peluang usaha bagi kontraktor lokal. Mandor atau kepala tukang bisa meraup keuntungan dari bisnis properti yang berkembang di kotanya.

Bisnis properti pemula memang sangatlah menjanjikan. Dan itulah hal-hal yang harus Anda ketahui ketika berencana masuk kedalam dunia bisnis properti. Setidaknya sedikit pemahaman diatas bisa menjadi rambu bagi Anda supaya tidak sembrono dalam mengambil langkah nantinya. Semoga artikel ini bermanfaat. Baca juga 9 prospek bisnis menggiurkan di kota wisata.[]

Leave a Comment

Partner Teknologi Pilihan

Ada lebih banyak lagi pilihan brand ternama untuk membantu mewujudkan impian Anda.

Jakarta Creative

Membantu Anda menemukan partner untuk keperluan bangunan Anda adalah misi kami. Nikmati banyak pilihan mitra pilihan yang bisa membantu kebutuhan Anda.

Profile

About us

Our team

Projects

Careers

Contact

Pesan Layanan?

Hubungi tim kami via tombol WhatsApp yang tersedia untuk proses ini.

Ada kendala? Kontak kami