Desain Interior Masjid Istiqlal Jakarta, Kombinasi Elemen Arsitektur Islami Modern

Desain, Review

Masjid Istiqlal di Jakarta adalah salah satu keajaiban arsitektur Indonesia yang memukau. Dibalik interior Masjid Istiqlal yang megah ini terdapat 100 persen karya anak bangsa, mereka dipilih melalui sebuah lomba yang tentu saja menarik. Hal tersebut menunjukkan keterbukaan pikiran para pemangku kepentingan di masa itu.

Hasil karya anak bangsa ini memberikan keindahan eksterior dan interior masjid istiqlal yang megah, dan juga menawarkan kombinasi yang menakjubkan antara elemen arsitektur Islami dan sentuhan modern. Salah satu aspek yang membuat Masjid Istiqlal begitu istimewa adalah interior yang memukau.

5 Desain Interior Masjid Istiqlal 

Masjid Istiqlal menjadi salah satu masjid terbesar dan terindah di dunia. Selain menjadi tempat ibadah bagi umat Muslim, Masjid Istiqlal juga menjadi salah satu ikon arsitektur Indonesia yang mengagumkan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi desain interior Masjid Istiqlal karya anak bangsa yang memukau.

1. Ruang Utama yang Luas dan Terbuka

Salah satu ciri khas desain interior Masjid Istiqlal adalah ruang utama yang luas dan terbuka. Ruangan ini memiliki langit-langit yang tinggi dan dinding-dinding yang indah dengan kaligrafi Arab yang rumit. Ruang utama yang luas memberikan kesan yang lapang dan memberikan ruang yang cukup bagi jamaah untuk beribadah dengan nyaman.

Salah satu ciri khas desain interior Masjid Istiqlal adalah ruang utama yang luas dan terbuka. Sumber Liputan6
Salah satu ciri khas desain interior Masjid Istiqlal adalah ruang utama yang luas dan terbuka. Sumber Liputan6

Ruang utama Masjid Istiqlal terdiri dari lima lantai. Jumlah lantai ini mengandung makna shalat lima waktu, Rukun Islam, sekaligus jumlah sila dalam Pancasila. Jumlah tiang penyangga utamanya berjumlah 12 tiang. Angka ini lambang dari tanggal lahir Nabi Muhammad yaitu pada tanggal 12 Rabiul Awal.

2. Kubah Megah dengan Mozaik Indah

Kubah Masjid Istiqlal salah satu bangunan yang paling mencolok dalam desain interiornya. Kubah ini dihiasi dengan mozaik yang indah. Mozaik ini terdiri dari berbagai warna dan motif geometris yang rumit, menciptakan efek visual yang menakjubkan. Cahaya yang masuk melalui jendela-jendela tinggi di kubah menciptakan permainan cahaya yang mempesona di dalam ruangan.

Masjid Istiqlal memiliki dua jenis kubah, yaitu kubah kecil dan kubah besar. Ukuran kubah kecil Masjid Istiqlal memiliki diameter delapan meter yang bermakna sebagai bulan Agustus yang diperingati bulan kemerdekaan. Sedangkan diameter kubah besar masjid memiliki panjang diameter 45 meter. Angka ini melambangkan tahun kemerdekaan Indonesia yaitu 1945.

3. Mihrab yang Elegan dan Berukiran

Mihrab, tempat imam memimpin shalat, adalah salah satu pusat perhatian dalam desain interior Masjid Istiqlal. Mihrab ini dirancang dengan sangat elegan dan dihiasi dengan ukiran-ukiran yang rumit. Ukiran-ukiran ini menggambarkan keindahan seni Islam dan memberikan sentuhan tradisional yang klasik pada desain modern masjid.

Mihrab Masjid Istiqlal yang elegan dan berukiran. Sumber Lakaid
Mihrab Masjid Istiqlal yang elegan dan berukiran. Sumber Lakaid

Desain interior Masjid Istiqlal dibuat melengkung yang terinspirasi dari bentuk Hajar Aswad dipasang membingkai mihrab. Tidak hanya itu, dinding sekitar mihrab juga dipasangi lembaran mushaf Al-quran. Jumlah dari masing-masing sisi, yakni 15 juz yang terpampang berlembar-lembar.

4. Kaca Patri Berwarna-warni

Desain interior Masjid Istiqlal yang menarik lainnya adalah kaca patri berwarna-warni. Jendela-jendela tinggi di masjid ini dihiasi dengan kaca patri yang rumit dan indah. Kaca patri ini menampilkan motif-motif geometris dan kaligrafi Arab yang memukau.

Kaca patri ini membantu pencahayaan sinar matahari masuk ke dalam ruangan masjid. Ketika sinar matahari masuk melalui kaca patri ini, cahaya yang terpancar menciptakan suasana yang magis di dalam ruangan. Hal tersebut menambah Masjid Istiqlal terlihat cantik saat siang hari.

5. Sentuhan Seni Modern

Meskipun Masjid Istiqlal memiliki desain interior yang menghormati tradisi arsitektur Islami, namun terdapat juga sentuhan seni modern yang menyatu harmonis. Beberapa bagian dinding dihiasi dengan lukisan-lukisan kontemporer yang menggambarkan nilai-nilai Islam dan keindahan alam. Hal ini memberikan kesan yang segar dan menggabungkan keindahan masa lalu dengan kekinian.

Desain Masjid ini terlihat berbeda dan menonjol dengan bentuk penggabungan antara tinggi dan jarak antar garis, serta warna putih gading membuat kesan seperti dinding besar dan monumental, kesan berat, besar, dan kokoh yang ada pada Istiqlal adalah ciri khas dari arsitektur modern dengan aliran brutalism.

Di Masjid Istiqlal ini tidak hanya desain interiornya saja yang modern, tetapi berbagai fasilitasnya pun tidak ketinggalan zaman. Salah satunya kotak amal masjidnya. Kita sebagai pengunjung dapat beramal tidak hanya dengan uang tunai saja, anda juga bisa menggunakan non tunai dengan barcode (QRIS).

Desain interior Masjid Istiqlal adalah perpaduan yang sempurna antara elemen arsitektur Islam tradisional dan sentuhan modern. Keindahan masjid ini menciptakan suasana yang khusyuk dan mempesona bagi jamaah yang datang. Masjid Istiqlal adalah bukti bahwa desain interior sebuah masjid bisa menggabungkan elemen tradisional dan modern dengan harmonis. 

Selain itu, desain Masjid Istiqlal juga memperhatikan faktor fungsionalitas. Terdapat ruang wudhu yang luas dan bersih, serta area shalat yang dapat menampung ribuan jamaah. Semua ini dirancang dengan baik oleh para anak bangsa dengan pekerjaan desain interior untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para pengunjung.

Masjid Istiqlal memiliki desain interior yang menghormati tradisi arsitektur Islami, namun terdapat juga sentuhan seni modern yang menyatu harmonis. Sumber Fotoist
Masjid Istiqlal memiliki desain interior yang menghormati tradisi arsitektur Islami, namun terdapat juga sentuhan seni modern yang menyatu harmonis. Sumber Fotoist

Desain interior Masjid Istiqlal Jakarta juga mencerminkan semangat persatuan dan keberagaman Indonesia. Masjid ini menjadi tempat ibadah bagi umat Muslim dari berbagai latar belakang budaya dan etnis. Desain yang menggabungkan elemen tradisional dan modern mencerminkan semangat toleransi yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia.

Tidak hanya sebagai tempat ibadah, Masjid Istiqlal juga menjadi tujuan wisata yang populer. Wisatawan lokal maupun mancanegara sering mengunjungi masjid ini untuk mengagumi keindahan desain interiornya. Masjid Istiqlal juga sering menjadi lokasi acara-acara budaya dan keagamaan yang penting, seperti perayaan Idul Fitri dan upacara kenegaraan.

Dalam kunjungan Anda ke Jakarta, jangan sampai terlewat untuk mengunjungi Masjid Istiqlal. Rasakan kehadiran spiritual yang kuat dengan suasana yang nyaman. Masjid Istiqlal menjadi bukti nyata bahwa desain interior dapat menjadi sarana untuk menghubungkan manusia dengan pencipta dan mencerminkan keindahan budaya keberagaman Indonesia.

Bagi anda warga Jogja yang ingin mengunjungi Masjid Istiqlal, Anda bisa sewa bus Jogja sebagai sarana untuk kesana. Simak informasi informasi menarik hanya di artikel kami. Jangan sampai ketinggalan!

Leave a Comment

Partner Teknologi Pilihan

Ada lebih banyak lagi pilihan brand ternama untuk membantu mewujudkan impian Anda.

Jakarta Creative

Membantu Anda menemukan partner untuk keperluan bangunan Anda adalah misi kami. Nikmati banyak pilihan mitra pilihan yang bisa membantu kebutuhan Anda.

Profile

About us

Our team

Projects

Careers

Contact

Pesan Layanan?

Hubungi tim kami via tombol WhatsApp yang tersedia untuk proses ini.

Ada kendala? Kontak kami