Desain Interior Dapur Nyaman Untuk Hunian Minimalis

Desain

Dapur nyaman yang merupakan impian para ibu-ibu tentu tidak hanya dipengaruhi oleh faktor tampilan, tapi juga dipengaruhi oleh faktor tata letak dan efektivitas perangkat dapur. Faktor-faktor inilah yang sudah seharusnya menjadi perhatian pada tiap-tiap dapur agar memiliki tingkat kenyamanan maksimal.

Dengan kondisi dapur yang nyaman, tentu proses memasak menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Sebab, jika yang terjadi sebaliknya, bisa-bisa area dapur menjadi area yang paling dihindari oleh para ibu. Jika sudah demikian, tentu fungsi dapur menjadi jauh dari efektif.

Maka, untuk mengatasi masalah tingkat kenyamanan dapur, ada beberapa opsi desain dapur yang bisa Anda adopsi untuk menghadirkan suasana dapur yang jauh lebih nyaman dengan beberapa langkah yang bisa Anda sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan

7 Ide Desain Interior Dapur Nyaman

Berikut ini tujuh desain dapur yang nyaman meski di area dapur yang tidak begitu luas. Sangat cocok untuk dapur minimalis Anda di rumah. Tentu saja, pilihan mana yang paling relevan sangat tergantung pada selera dan kondisi dapur dan hunian Anda secara umum. Berikut ini ulasannya.

1. Desain Dapur Terbuka

Rekomendasi desain dapur nyaman yang pertama, ada desain dapur atau kitchen set dengan konsep terbuka. Konsep yang satu ini cukup layak untuk dicoba. Sebab, area dapur memang tidak selalu harus tertutup. Justru, Anda bisa saja mendesain area dapur menyatu dengan area lain, seperti menyatu dengan ruang makan secara langsung.

Desain kitchen set terbuka. Sumber : istockphoto.com
Desain kitchen set terbuka. Sumber : istockphoto.com

Dengan konsep ini, dapur cenderung terkesan lebih luas. Demikian halnya dengan ruang makan yang sebelumnya disatukan dengan area dapur. Sedangkan untuk penanda atau pemisah, Anda bisa memanfaatkan meja, kursi, ataupun sofa. Termasuk sofa bed seperti yang diproduksi oleh sofa Jogja juga bisa jadi opsi yang tepat sebagai pembatas.

2. Desain Dapur Leter U

Dapur dengan luasan terbatas memang cukup membuat kita berfikir dua kali dalam memutuskan desain apa yang sekiranya cocok namun tetap terkesan luas atau setidaknya tidak begitu tampak sempit. Jika Anda mengalami hal ini, sebaiknya Anda tenang. Sebab, tidak ada masalah tanpa solusi.

Solusi untuk mensiasati interior rumah terkhusus luasan dapur yang terbatas, namun dengan tetap menonjolkan kesan lapang pada desain dapur, Anda bisa mempertimbangkan opsi desain dapur leter U. Untuk bisa merealisasikan opsi desain dapur yang satu ini, pertama-tama Anda memerlukan kabinet dengan bentuk U.

Desain Dapur Leter U. Sumber : pinterest.com
Desain Dapur Leter U. Sumber : pinterest.com

Dengan kabinet leter U ini, Aktivitas menjadi lebih praktis karna akses ketiga sisi kitchen set memang demikian dekat satu sama lainnya. Sehingga Anda tidak perlu melangkah terlalu jauh mondar mandir selama proses memasak. Cukup dengan membalikkan badan atau mengalihkan wajah Anda sudah bisa berhadapan dengan sisi lain kitchen set.

3. Desain Dapur Nyaman Dengan Paduan Cermin.

Cermin tidak hanya identik dengan ruang rias ataupun ruang tidur loh. Kaca juga bisa Anda manfaatkan untuk menjadi instrumen pendukung sebuah kitchen set menjadi lebih menarik dan juga nyaman. Mengingat, cermin adalah komponen dekorasi yang cukup populer untuk solusi mengatasi ruangan kecil.

Untuk penempatan instrumen cermin pada dapur kali ini, Anda bisa mengaplikasikannya pada bagian backsplash yang memang cukup strategis untuk penempatan material kaca. Dengan adanya cermin ini beberapa sisi dapur bisa terpantulkan sehingga muncul kesan bahwa dapur menjadi terasa lebih luas.

4. Desain Dapur Nyaman Dengan Paduan Jendela

Jendela memiliki fungsi penting dan utama sebagai ventilasi rumah atau jalur sirkulasi udara termasuk cahaya alami dari matahari secara langsung. Fungsi utama dari jendela ini termasuk yang sangat recommended untuk Anda padu padankan dengan interior dapur kesayangan Anda.

Dengan paduan antara jendela dengan dapur tentu akan sangat banyak memberikan dampak positif baik dari sisi kenyamanan hingga tampilan. Lebih daripada itu, kehadiran sebuah jendela dapur juga bisa membuat suasana dapur itu sendiri menjadi tampak lebih besar dan luas. Yang tidak lain dikarenakan efek pencahayaan.

Desain kombinasi kitchen set dengan jendela. Sumber : pinterest.com
Desain kombinasi kitchen set dengan jendela. Sumber : pinterest.com

Sedangkan dari sisi kenyamanan, udara pengap ala dapur bisa diatasi dengan sangat efektif dalam waktu yang sesingkat-singkatnya dengan hanya membuka jendela dapur. Dengan begitu, proses masak memasak menjadi lebih menyenangkan.

5. Desain Dapur Nyaman Dengan Rak Terbuka

Kitchen set kebanyakan dilengkapi dengan penggunaan kabinet baik atas maupun bawah. Tentu saja penggunaan kabinet memiliki fungsi yang cukup penting dalam dunia perdapuran. Hanya saja, jika kasusnya area dapur tidak begitu luas, maka penggunaan kabinet menjadi kurang tepat.

Penggunaan rak terbuka. Sumber : istockphoto.com
Penggunaan rak terbuka. Sumber : istockphoto.com

Opsi desain dapur nyaman untuk menjawab persoalan kabinet ini adalah menggantinya dengan penggunaan rak dinding terbuka sebagai gantinya. Keuntungan dari penggunaan rak terbuka ini antara lain adalah nuansa keterbukaan yang membuat area dapur tampak lebih longgar.

6. Desain Dapur Multifungsi

Untuk kenyamanan maksimal, upaya minimalisasi perangkat dapur bisa menjadi langkah tepat untuk dilakukan. Upaya ini biasanya dilakukan dengan cara penggunaan perangkat dapur multi fungsi. yaitu satu jenis perangkat dapur dengan mungsi ganda. Dengan demikian, fungsi tetap dengan perabot terbatas.

Langkah semacam ini jelas sangat berguna dan membantu para ibu-ibu khususnya untuk menghindari suasana dapur yang membosankan dengan barang-barang dapur yang terlalu padat. Sehingga, pensuasanaan dapur menjadi jauh lebih rapi dan nyaman.

7. Desain Dapur Kecil dengan Suasana Terang

Opsi desain dapur nyaman yang terakhir, adalah dengan mengatur pencahayaan. Aspek pencahayaan, termasuk penggunaan jenis cat meski sekilas tampak sepele, namun jika diperhatikan lebih jauh, justru faktor pencahayaan memainkan peranan cukup penting dalam menentukan tingkat kenyamaanan dapur.

Kitchen set warna terang. Sumber : istockphoto.com
Kitchen set warna terang. Sumber : istockphoto.com

Meski dapur memiliki area yang luas, namun jika pencahayaan remang-remang misalnya, maka dapur relatif tampak sempit dan menjenuhkan. Berbeda halnya jika dapur diberikan pencahayaan yang memadai, maka dapur sempit sekalipum bisa tampak longgar dan menyenangkan.

Demikian itulah setidaknya tujuh model atau desain dapur yang yang bisa memberikan tingkat kenyamanan lebih pada dapur kesayangan Anda. Semoga bisa menginspirasi dan bermanfaat. Jangan lupa share dan simak ulasan menarik lainnya. Sekian dan terima kasih.

Leave a Comment

Partner Teknologi Pilihan

Ada lebih banyak lagi pilihan brand ternama untuk membantu mewujudkan impian Anda.

Jakarta Creative

Membantu Anda menemukan partner untuk keperluan bangunan Anda adalah misi kami. Nikmati banyak pilihan mitra pilihan yang bisa membantu kebutuhan Anda.

Profile

About us

Our team

Projects

Careers

Contact

Pesan Layanan?

Hubungi tim kami via tombol WhatsApp yang tersedia untuk proses ini.

Ada kendala? Kontak kami