Rusunawa Jakarta Diresmikan Tahun 2022

Review

Peran pemerintah Jakarta dalam memanajemen kegiatan masyarakatnya sangat diperlukan salah satunya dengan pembangunan rusunawa Jakarta. Hal ini bertujuan untuk banyak hal yaitu mengurangi kelebihan pertumbuhan penduduk, melaksanakan pemerataan pembangunan, meningkatkan kesejahteraan, mencerdaskan, dan lain sebagainya.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu program yang dicanangkan oleh pemerintah di Jakarta pada tahun 2022 yaitu Rusunawa. Program ini dilaksanakan untuk menjadi solusi dalam mengatasi ketersediaan lahan yang semakin sempit dimana pertumbuhan penduduk semakin meningkat.

Karena pembangunan Rusunawa dilakukan di ibu kota maka salah satu perusahaan konstruksi baja Jakarta pasti akan diberikan peran dan tanggung jawab untuk membantu mendirikan bangunan tersebut. Bagi anda yang masih belum mengerti tentang salah satu program berupa Rusunawa maka berikut ini penjelasannya:

Apa itu Rusunawa?

Rusunawa atau yang merupakan singkatan dari rumah susun sederhana sewa merupakan bangunan bertingkat yang dibangun oleh pemerintah dalam satu lingkungan tempat hunian, kemudian akan disewakan kepada keluarga yang kurang mampu. Untuk pembayarannya sendiri dapat dilakukan perbulan dengan masing  masing penghuninya memiliki pembayaran yang berbeda beda tergantung bangunan.

Rusunawa Daan Mogot, Sumber: Google

Rusunawa merupakan jenis hunian yang digunakan secara terpisah dari status penguasaan sewa dengan fungsi utamanya yaitu sebagai hunian. Dalam pembangunannya bangunan ini menggunakan anggaran pendapatan dan belanja negara maupun daerah serta tidak jarang mereka juga akan bekerjasama dengan pemerintah perumahan rakyat.

Kelebihan Tinggal di Rusunawa Jakarta

Ada beberapa kelebihan yang akan didapatkan jika tinggal dirumah susun yang di programkan oleh pemerintah, adapun beberapa kelebihan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Dapat Ditinggali oleh Masyarakat Berpendapatan Rendah

Hal pertama yang didapatkan adalah dengan fasilitas yang memadai, anda sebagai masyarakat yang berpenghasilan rendah dapat menempati bangunan tersebut.

2. Memiliki Lokasi yang Strategis

Selanjutnya dalam pembangunan Rusunawa, pemerintah selalu memperhitungkan lokasi yang cocok dan sesuai bagi anda. Mulai dari penentuan lokasi, tempat anda bekerja, serta aksesnya terhadap transportasi umum di ibu kota.

3. Budget Rendah

Selanjutnya Rusunawa atau rumah susun yang didirikan pemerintah memiliki biaya atau budget yang rendah perbulan, hal tersebut disesuaikan dengan pemasukan masyarakat yang memiliki penghasilan rendah dan di bawah UMR.

4. Aman

Karena jenis bangunannya yang bersusun, membuatnya memiliki pengawasan lebih baik dari CCTV yaitu dalam hal ini pengawasan masyarakat sekitar. Mungkin ada satu waktu yang memberikan ketidak amanan akan tetapi selama anda bisa memanajemen maka ketidak amanan tersebut dapat anda tanggulangi.

Kriteria Rusunawa Jakarta

Ada beberapa kriteria dari rusunawa yang sengaja dirancang oleh pemerintah dan beberapa kriteria tersebut, berikut penjelasan dari kami:

1. Memiliki Penentuan Luas Hunian

Saat mendirikan rumah Hunian, maka harus dilengkapi dengan fasilitas pribadi berupa ruang tidur, kamar mandi, dan dapur karena hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan lingkungannya.

2. Rusunawa Jakarta Dekat Dengan Tempat Kerja

Selanjutnya saat melakukan pembangunan rumah hunian, hal yang sangat diperhatikan adalah tempatnya yang strategis atau dekat dengan tempat kerja para penghuni.

3. Meningkatkan Kepedulian Sosial

Karena rumah susun memaksa setiap orang memiliki tempat yang berdampingan, maka anak secara tidak langsung jiwa sosial seseorang akan meningkat hal ini dapat dilihat dengan tingginya tingkat interaksi yang dilakukan.

4. Memiliki Ventilasi Udara

Selanjutnya rumah susun perlu ada yang namanya ventilasi udara yang memadai, hal inibertujuan untuk memudahkan udara segar masuk dan memberikan lingkungan kesehatan yang lebih baik.

Rusunawa Memiliki Ventilasi Udara, Sumber: Unsplash.com/@janjakubnanista

5. Memiliki Sarana dan Prasarana untuk Kemudahan Penghuni

Pembangunan rumah susun harus memiliki sarana prasarana yang sangat penting seperti akses jalan dan transportasi yang dekat, memiliki akses air bersih, memiliki wadah pengolahan limbah dapur, memiliki tempat sampah yang mencukupi, dan terakhir tersedia pasokan listrik.

6. Biaya Sewa Rendah

Terakhir setiap rumah susun walau memiliki biaya sewa rendah, akan tetapi tetap menggunakan alat pengaman yang baik. Contohnya saja akses jalan yang digunakan menggunakan railing tangga Jakarta yang terkenal kuat dan kokoh saat digunakan

Daftar 12 Rusunawa Jakarta Resmi Dibuka Tahun 2022

Selanjutnya dalam pembangunan rumah susun, ternyata pemerintah membangun 12 unit di kota Jakarta, beberapa penjelasan unit-unit tersebut adalah sebagai berikut:

1. Rusunawa Jakarta Karang Anyar di Jakarta Pusat

Terdiri dari 2 menara dengan 16 lantai, yang jika ditotalkan terdapat 420 unit bertipe 36 dan 1 unit dikhususkan untuk hunian difabel.

2. Rumah Susun Daan Mogot di Jakarta Barat

Terdiri dari 4 menara dengan 16 lantai, yang jika ditotalkan terdapat 1.062 unit bertipe 36 dan 2 unit dikhususkan untuk hunian difabel.

3. Rumah Susun Penjaringan di Jakarta Utara

Terdiri dari 4 menara dengan 20 lantai, yang jika ditotalkan terdapat 1.008 unit bertipe 36 dan 2 unit dikhususkan untuk hunian difabel.

Rumah Susun Penjaringan di Jakarta Utara, Sumber: Google

4. Rusunawa Jakarta Padat Karya di Jakarta Utara

Terdiri dari 2 menara dengan 16 lantai, yang jika ditotalkan terdapat 375 unit bertipe 36 dan 2 unit dikhususkan untuk hunian difabel.

5. Rumah Susun Kelapa Gading Timur di Jakarta Utara

Terdiri dari 1 menara dengan 11 lantai, yang jika ditotalkan terdapat 150 unit bertipe 36 dan 1 unit dikhususkan untuk hunian difabel.

6. Rumah Susun Ujung Menteng di Jakarta Timur

Terdiri dari 2 menara dengan 16 lantai, yang jika ditotalkan terdapat 420 unit bertipe 36 dan 2 unit dikhususkan untuk hunian difabel.

7. Rusunawa Jakarta Cakung Barat di Jakarta Timur

Terdiri dari 3 menara dengan 16 lantai, yang jika ditotalkan terdapat 539 unit bertipe 36 dan 3 unit dikhususkan untuk hunian difabel.

8. Rumah Susun PIK Pulogadung Tahap II di Jakarta Timur

Terdiri dari 6 menara dengan 16 lantai, yang jika ditotalkan terdapat 1.404 unit bertipe 36 dan 18 serta 8 unit dikhususkan untuk hunian difabel.

9. Rumah Susun Pulo Jahe di Jakarta Timur

Terdiri dari 2 menara dengan 24 lantai, yang jika ditotalkan terdapat 748 unit bertipe 36 dan 2 unit dikhususkan untuk hunian difabel.

10. Rumah Susun Cipinang Besar Utara di Jakarta Timur

Terdiri dari 1 menara dengan 16 lantai, yang jika ditotalkan terdapat 420 unit bertipe 36 dan 1 unit dikhususkan untuk hunian difabel.

11. Rusunawa Jakarta Pulo Gebang di Jakarta Timur

Terdiri dari 3 menara dengan 15 lantai, yang jika ditotalkan terdapat 520 unit bertipe 36 dan 2 unit dikhususkan untuk hunian difabel.

12. Rumah Susun PIK Pulogadung di Jakarta Timur

Terdiri dari 3 menara dengan 16 lantai, yang jika ditotalkan terdapat 507 unit bertipe 36 dan 4 unit dikhususkan untuk hunian difabel.

Anda tertarik ingin memilih rusunawa yang mana sebagai tempat tinggal di Jakarta? Langsung ke lokasi saja ya dan semoga anda dapat memilih rusunawa sesuai kebutuhan dan keinginan anda. Semoga artikel ini juga akan menambah wawasan anda terimakasih.

Leave a Comment

Partner Teknologi Pilihan

Ada lebih banyak lagi pilihan brand ternama untuk membantu mewujudkan impian Anda.

Jakarta Creative

Membantu Anda menemukan partner untuk keperluan bangunan Anda adalah misi kami. Nikmati banyak pilihan mitra pilihan yang bisa membantu kebutuhan Anda.

Profile

About us

Our team

Projects

Careers

Contact

Pesan Layanan?

Hubungi tim kami via tombol WhatsApp yang tersedia untuk proses ini.

Ada kendala? Kontak kami